istimewa

4 Hal Penting dalam Ide Ruang Bermain Anak, Harus Diperhatikan

ika / September 18, 2018

Ruang bermain anak bisa menjadi alternatif yang baik bagi Anda yang memiliki buah hati. Ruang bermain ini akan memberikan keleluasaan dan kenyamanan lebih bagi anak saat bermain. Untuk membuat ruang bermain untuk anak, Anda bisa menerapkan ide ruang bermain anak berikut.

Ketika mendesain ruang bermain untuk anak, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Misalnya saja faktor keamanan tidak hanya harus menarik dan nyaman, namun juga aman. Untuk itu, beberapa ide berikut bisa Anda terapkan sebagai referensi ruang bermain anak.

Menerapkan Tema-Tema yang Disukai Anak

Ide pertama yang bisa Anda terapkan pada ruang bermain anak adalah dengan menerapkan tema-tema tertentu, terutama tema yang disukai anak. Umumnya anak-anak lebih suka dengan karakter kartun. Karena itu kebanyakan ruang bermain anak lebih banyak menggunakan tema kartun favorit anak.

Namun, bukan berarti Anda harus menggunakan tema kartun. Anda juga bisa menerapkan tema-tema lain yang lebih menarik. Misalnya tema taman bermain, tema warna warni atau tema yang lebih umum lainnya. Memilih tema ini juga akan memudahkan dalam memilih perabot atau barang-barang di dalamnya.

Perabot yang Aman Membuat Anak Bermain Lebih Menyenangkan

Yang terpenting dalam membuat ruang bermain anak adalah pemilihan perabot. Perabot yang digunakan tidak hanya harus menyenangkan namun juga aman digunakan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Boneka

Menempatkan banyak benda-benda yang lembut atau empuk akan mengurangi resiko anak terluka saat bermain. Anda bisa menggunakan boneka berukuran besar atau karpet yang tebal. Boneka yang digunakan juga bisa disesuaikan dengan tema ruangan yang digunakan.

2. Jangan Gunakan Perabotan Berukuran Tinggi

Gunakan perabotan dengan tinggi tidak lebih dari anak. Hal ini menghindarkan anak mengalami luka yang serius saat terjatuh.

Tambahkan Item Pembelajaran

Tidak hanya menyenangkan, Anda juga bisa menambahkan item-item yang bisa membantu anak untuk belajar. Misalnya menggunakan boneka kubus dengan gambar huruf-huruf atau angka. Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan stiker atau wallpaper huruf, angka atau gambar-gambar binatang.

Ide ruang bermain anak dengan menempatkan item pembelajaran di tempatnya bermain akan membuat anak-anak lebih terbiasa untuk belajar meskipun sambil bermain. Ketika usia anak sudah mulai bertambah, item pembelajaran juga bisa disesuaikan dengan usianya.

Dengan begitu, ketika anak sudah tidak menggunakannya untuk bermain, ruang bermain itu masih bisa dimanfaatkan sebagai ruang belajar.

Pencahayaan yang Baik Membantu Anak Tetap Sehat

Ketika membuat ruang bermain untuk anak, pastikan juga Anda memperhatikan kondisi pencahayaannya. Pilih lokasi ruang bermain anak yang memiliki pencahayaan yang baik. Akan lebih baik jika cahaya matahari bisa masuk ke dalam ruangan dalam jumlah yang cukup.

Cara lainnya agar pencahayaan di ruang bermain anak bisa lebih baik adalah dengan menggunakan jendela atau pintu dari kaca yang berukuran besar. Dengan jendela atau pintu seperti ini, cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan bisa lebih optimal.

Dengan cara seperti ini, meskipun sedang bermain, kesehatan anak bisa tetap terjaga. Karena ruangan dengan pencahayaan dan ventilasi yang baik akan berperan dalam menjaga kesehatan anak.

Tidak semua orang mungkin berpikir untuk membuat ruang bermain untuk anak di dalam rumah. Kebanyakan orang tua biasanya hanya membiarkan anak bermain di halaman rumah.

Namun, jika Anda ingin membuatkan ruang bermain untuk anak, ide ruang bermain anak di atas bisa Anda terapkan ketika membuatnya. Ide dan hal-hal di atas akan membuat anak bermain lebih menyenangkan sekaligus belajar hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *