istimewa

Mengilhami Kisah Perjuangan dari Biografi George H.W Bush 

ika / April 21, 2019

Dikenal sebagai negeri “Paman Sam”, Amerika selalu jadi pusat perhatian terhadap struktur pemerintahannya. Kekuatan negaranya dalam mengembangkan IPTEK menghadirkan beberapa pemimpin yang andal, khususnya Presiden Amerika ke-41. Perjalanan hidupnya disajikan dalam biografi George H.W Bush.

Sebagai generasi muda, tentunya mengambil kisah positif dari seorang tokoh masyarakat menjadi sebuah kewajiban. Tujuannya agar saat menemukan jati diri, keputusan lebih terarah dan seimbang. Berikut ini disajikan kisah teladan dari George H.W Bush sebagai nilai edukasi.

Kelahiran George H.W Bush

Image Source: politico.com

Mantan presiden ini bernama lengkap George Herbert Walker Brush. Nama panggilannya George, ia lahir di Milton, tepat pada tanggal 12 Juni 1924. Ayahnya bernama Prescott Sheldon Bush dan ibunya bernama Dorothy Walker Bush. Keduanya bersepakat pindah ke Greenwich saat George masih kecil.

Dari biografi George H.W Bush, kalian akan menemukan nilai positif dalam hal pendidikan keluarga.  Walaupun George berasal dari keluarga kaya dan terpandang, ia selalu hidup dalam kesederhanaan. Orang tuanya membimbingnya supaya ia mampu menjadi pelayan publik yang tujuannya menyejahterahkan masyarakat.

 

Pendidikan George H.W Bush

Bush juga pernah melakukan hal gila saat masih remaja. Saat remaja, ia nekat meninggalkan rumah untuk masuk ke sekolah asrama eksklusif. Lokasinya di Massachusets. Di sana, karir olahraganya cemerlang, terutama di bidang bisbol dan sepak bola. Ia juga menjadi presiden kelas senior.

 

Setelah lulus, ia masuk Angkatan Laut Amerika Serikat selama perang dunis ke-2. Prestasi terbilang cukup pesat, ia dianugerahi sebagai pilot termuda di Angkatan Laut. Bush juga berhasil meluncurkan torpedo di Samudra Pasifik, serta mencetuskan 58 misi tempur saat perang. Ia juga mendapatkan penghargaan kepahlawanan dengan sebutan Salib Terbang Terhormat.

 

Karir George H.W Bush

Perjalanan karir Bush dimulai dari bawah. Ia pernah menjadi juru tulis sebuah perusahaan minyak. Saat pindah ke California, ia beralih profesi menjadi tenaga penjualan untuk Dresser Industries. Karena ingin berkembang, ia pun mendirikan perusahaan pengembangan minyak ternama yang telah memiliki beberapa cabang.

 

Presiden Amerika Serikat ke-41 ini memulai perjalanan politiknya ketika menjadi ketua partai Republik di Texas. Ia menjalin relasi yang kuat, serta andal dalam mengembangkan citranya. Pada tahun 1964, ia maju untuk menjadi Senat Amerika Serikat dengan melaksanakan kampanye dengan hebat.

 

Tak berhenti di situ, kariernya terus cemerlang, ia menjadi Dewan Perwakilan AS di distrik ke-7 Houston pada tahun 1966. Sesuai rekomendasi dari Presiden Richard Nixon, ia pun diangkat sebagai Duta Besar Amerika Serikat. Kemudian, ia berhasil menang dalam pencalonan presiden dengan hasil suara terbanyak.

 

Keluarga George H.W Bush

Perjalanan cinta George lahir ketika ia masih bekerja di Angkatan Laut. Pekerjaannya tersebut membawanya ke ikatan pernikahan dengan Barbara Pierce. Peristiwa sacral tersebut terjadi di Rye, New York pada tanggal 6 Januari 1945.

 

Keduanya hidup bahagia. Mereka dikaruniai enam anak, yaitu George Walker, Robin, John Ellis, Neil, Marvin, dan Dorothy. Sayangnya, anaknya yang kedua, Robin, meninggal dunia karena penyakit leukemia yang menimpanya pada tahun 1953.

 

Penghargaan untuk George H.W Bush

Berdasarkan biografi George H.W Bush, ia diceritakan sebagai seorang pejuang yang berani. Ia memiliki tekad kepahlawanan, terutama saat menjadi pilot termuda selama Perang Dunia ke-2. Karena perjuangannya tersebut, ia diberikan beberapa anugerah penghargaan yang terdiri dari:

 

  1. Tiga medali udara saat bertugas menjadi pilot Amerika Serikat
  2. Kutipan Unit Presidensial
  3. Salib Terbang Terpandang

 

Itulah kisah perjuangan hidup dari biografi George H.W Bush yang bisa dijadikan alat instropeksi. Dengan mencontoh keteladanannya, semoga hidup kita menjadi lebih berilmu dan terarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *